Ada London di Medan Sumatera Indonesia

Thursday, August 2, 2018
  Medan, Sumatera Utara Indonesia, salah satu ibu kota di indonesia yang memiliki sebuah gedung tua khas Belanda yang tak kalah keren oleh geduh tua di Kota-kota lain. Mungkin di Jakarta punya yang namanya "Kota Tua" atau lebih akrab di panggil dengan "KOTU", dan semarang punya yang namanya "Benteng Pendem" tepatnya di ambarawa. Medan juga punya bangunan peninggalan Belanda yang tidak kalah kerennya yaitu Gedung Balai kota lama.

Gedung walikota medan dan grand aston medan

  Apalagi yang sekarang telah di kelola oleh salah satu Perusahaan Swasta yaitu "Grand Aston Medan" yang membuatnya menjadi Ruang makan para pengunjung yang menginap di hotel itu, sedikit cerita tentang sejarah dari si Gedung Balai kota Medan ini adalah bangunan peninggalan kolonial yang terletak di jalan balai kota, Medan tepat di depan Merdeka Walk tempat tongkrongan Anak-anak Medan, gedung ini di bangun masa Hindia Belanda pada tahun 1908 oleh Hulswit & fermont pada kala itu dan dilakukan renovasi di tahun 1923 oleh Eduard Cuypers, arsitek bangunan kolonial ternama lainnya di Hindia Belanda. 
Gedung balai kota di Medan merupakan kilometer nol di Medan. Gedung ini awalnya di bangun untuk De Javasche Bank yang sekarang telah menjadi Bank Indonesia ( BI ), lalu di beli oleh pemerintah kota Medan. Lonceng pada Gedung ini di sumbangkan oleh Rumah Tjong A Fie adalah seorang pengusaha, bankir dan kapitan yang berasal dari Tiongkok dan sukses membangun bisnis besarnya dalam bidang perkebunan di sumatera, ia menyumbangkan Loncengnya pada tahun 1913.

  Sayangnya untuk sekarang ini bangunan ini tidak di buka untuk umum, hanya tamu hotel saja yang dapat masuk dan berfoto di dalam, mungkin jika bangunan ini di buat seperti museum dan di dijaga ke bersihannya akan mendapatkan impresi yang sangat besar bagi masyarakat Medan dan pengunjung dari luar Kota maupun luar Negri.
Masi banyak Tempat-tempat yang menarik di kota Medan ini, tetapi masi belum di kelola oleh pemerintah kota Medan, semoga atas postingan ini Teman-teman yang ingin ke kota Medan atau yang sudah di kota Medan jadi tau dan harus mampir ke tempat ini.

No comments

Powered by Blogger.

Follow by Email